Tari Bangbarongan Tarian Daerah Sunda Jawa Barat

tari bangbarongan tarian daera sunda
Tari Bangbarongan Tarian Daerah Sunda. Bangbarongan adalah kesenian asal tatar sunda tepatnya di daerah Ujungberung, Bandung, dan juga ada di Kampung Tarikolot, Desa Cikeusal, Kecamatan Luragung dan Cidehu serta Ciledug, Jawa Barat Tarian ini menampilkan tarian barong atau binatang. 

Penari bangbarongan yang terdiri dari satu orang memainkan karakter barong dengan mengenakan topeng kayu dan kostum karung goni. Di sana, kesenian ini dimainkan sebagai hiburan untuk memeriahkan acara-acara khusus seperti sunatan atau hari kemerdekaan Indonesia. Penari bangbarongan menari diiringi permainan musik.

Tarian ini menyerupai Barongsai yang dimiliki oleh Negara Cina, tapi permainan ini hanya dilakukan oleh satu orang dengan diringi oleh alat musik tradisional Sunda. Cara memainkannya pun hampir mirip dengan barongsai, bangbarongan ini menggerak-gerakkan badannya sambil sesekali meminta sawer kepada masyarakat yang melihatnya. Bangbarongan biasanya terbuat dari pahatan kayu dan karung goni, pahatan kayu tersebutmenyerupai buaya dengan moncong yang lebih pendek dari buaya.

Bangbarongan ditemani oleh seorang ronggeng atau badut yang membuat lawakan kepada penonton. Jenis bangbarongan ada banyak menurut hewannya, antara lain buburokan, mamacanan, gagajahan, momonyetan, dan kukudaan (kuda lumping). Alat musik (waditra) yang dimainkan untuk memeriahkan bangbarongan antara lain genjring(rebana), bedug (jidur) dan biola.

Bangbarongan yang biasanya sering diminta untuk bermain adalah bangbarongan yang dimainkan oleh sekelompok orang dewasa yang sudah terbiasa memainkannya. Menurut cerita bahwa orang yang memainkan bangbarongan biasanya ketika sedang beraksi maka orang tersebut akan menjadi kuat dan dimasuki roh halus sehingga mampu melakukan hal-hal yang tidak wajar seperti makan beling tanpa sadar. Beberapa penari bangbarongan yang asli biasanya ada yang kerasukan, namun sekarang anak-anak pun dapat menampilkannya hanya untuk bermain-main. Sekarang, kesenian ini sudah langka dan jarang dipentaskan. Di Ujungberung, bangbarongan bersama dengan kesenian tradisional Sunda yang lainnya ditampilkan dalam Festival Ujungberung.

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Bangbarongan
http://id.shvoong.com/society-and-news/culture/2234327-bangbarongan-kesenian-sunda-yang-harus/

0 Response to "Tari Bangbarongan Tarian Daerah Sunda Jawa Barat"

Post a Comment