Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tari Lilin Tarian Daerah Sumatera Barat

Tari Lilin Tarian Daerah Sumatera Barat
Tari Lilin Tarian Daerah Sumatera Barat. Dari namanya tari ini bisa kita ketahui bahwa tarian dengan menggunakan lilin sebagai bagian dari peralatan tarinya. Tari ini dipentaskan oleh sekelompok penari dengan diiringi sekelompok musisi. Lilin yang menyala diletakkan diatas piring dan diletakkan pada telapak tangan penari. Tarian dibawakan secara kelompok dengan memutar piring yang diatasnya terdapat lilin yang menyala secara berhati-hari agar piring tersebut selalu horizontal dan lilin tidak padam.

Sejarah Tari Lilin

Sejarah tari lilin berdasarkan cerita rakyat bahwa konon seorang gadis telah ditinggalkan oleh tunangan yang pergi berdagang mencari harta. Selama peninggalan tunangannya itu gadis telah kehilangan cincin pertunangan. Gadis tersebut mencari-cari cincin sampai larut malam dengan menggunakan lilin yang ditempatkan pada piring. Gerakan tubuh yang meliuk, membungkuk, menengadah (berdoa) melahirkan keindahan sehingga peristiwa ini telah melahirkan Tari Lilin di kalangan gadis-gadis desa itu.




Baca Juga : Mengenal Asal Usul, Kebudayaan dan Kesenian Suku Minang Sumatera Barat

Tarian lilin merupakan salah satu sejenis kesenian Istana. Ditarikan pada malam hari agar cahaya dari lilin lebih bersinar. Selain itu tarian ini harus ditarikan oleh penari yang telah professional agar dapat mengontrol gerakan piring dengan lilin yang menyala agar tidak terjadi kecelakan.

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Lilin

Post a Comment for "Tari Lilin Tarian Daerah Sumatera Barat"