Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tari Paduppa Bosara Tarian Daerah Bone Sulawesi Selatan

Tari Paduppa Bosara Tarian Daerah Bone Sulawesi Selatan
Tari Bosara
Tari Paduppa Bosara Tarian Yang Berasal Dari Daerah Bugi Makassar. Tari Bosara merupakan tarian yang biasa dipentaskan pada acara penyambutan tamu, dengan menyediakan hidangan yang disebut bosara yang berisikan kue-kue sebanyak dua kasera. Hidangan tersebut sebagai rasa tanda syukur dan kehormatan. Awalnya tarian ini ditarikan untuk menjamu Raja, tamu agung, pesta adat, dan pesta perkawinan.

Kata Bosara sendiri adalah piring khas suku bugis-Makassar di Sulawesi Selatan. Bosara terbuat dari besi dan dilengkapi dengan penutup khas seperti kobokan besar, yang dibalut kain berwarna terang, seperti warna merah, biru, hijau atau kuning, yang diberi ornamen kembang keemasan di sekelilingnya. Bosara ini diletakkan di meja dalam rangkaian acara tertentu seperti acara yang bersifat tradisional dan sarat dengan nilai-nilai budaya.



Selain sebagai salah satu alat yang digunakan pada properti tarian, bosara juga biasanya menjadi tempat sajian aneka kue tradisional yang diletakkan di meja pada acara resmi pemerintahan sebagai simbol adat di Sulawesi Selatan ketika diadakan acara-acara penting seperti pesta pernikahan.


sumber referensi :
http://ahmadesyauqi.wordpress.com/2012/11/10/tari-bosara/ diakses tanggal 28 agustus 2014

Post a Comment for "Tari Paduppa Bosara Tarian Daerah Bone Sulawesi Selatan"