Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tari Sekapur Sirih Tarian Daerah Provinsi Jambi dan Riau

Tari Sekapur Sirih Tarian Daerah Provinsi Jambi dan Riau
Tari Sekapur Sirih | Photo : Korantangsel
Pengertian Tari Sekapur Sirih Tarian Yang Berasal dari Provinsi Jambi dan Riau. Tari Sekapur Sirih merupakan tarian yang biasa dipentaskan untuk menyambut tamu-tamu besar di provinsi jambi dan riau. Sehingga tari ini disebut tari selamat datang. Selain di Indonesia tarian ini juga terkenal di malaysia sebagai tarian wajib kepada tamu besar.

Makna
Makna Tari Sekapur Sirih adalah keagungan dalam menggerakkan tubuh dengan lembut dan halus yang menyatu dengan iringan musik serta syair yang ditunjukkan bagi para tamu besar dalam acara tertentu.

Peralatan
Perlatan yang digunakan tari sekapur sirih diantaranya adalah cerona atau wadah yang berisikan lembaran daun sirih, payung dan keris serta pakain baju kurung adat jambi.



Musik Iringan
Musik iringan tari sekapur sirih adalah musik langgam melayu dengan alat musik yang terdiri dari biola, gambus, akordion, rebana dan gong serta gendang.

Jumlah Penari
Jumlah penari Sekapur Sirih biasanya ditarikan oleh 9 orang penari perempuan, dan 3 orang penari laki-laki, 1 orang yang bertugas membawa payung dan 2 orang pengawal.

Sumber referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Sekapur_Sirih diakses tanggal 25 arpil 2014

2 comments for "Tari Sekapur Sirih Tarian Daerah Provinsi Jambi dan Riau"

  1. trimakasih kasih atas infonya, tapi saya ingin pertanya kenapa dinamakan tari sekapur sirih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena media tarinya menggunakan kapur dan sirih..:)

      Delete