Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tari Zapin Tarian Yang Berasal Dari Rumpun Melayu

Tari Zapin Tarian Yang Berasal Dari Rumpun Melayu
contoh tari zapin dari riau | photo indonesia travel

Tari Zapin Tarian yang berasal dari rumpun melayu. Kata Zapin berasal dari bahasa arab yaitu "Zafn" yang  artinya pergerakan kaki cepat mengikut rentak pukulan. Dalam bahasa Arab, zapin disebut sebagai al raqh wal zafn. Tari Zapin adalah  tarian Melayu yang mendapat pengaruh dari Arab. Tarian tradisional ini bersifat edukatif dan sekaligus menghibur, digunakan sebagai media dakwah Islamiyah melalui syair lagu-lagu zapin yang didendangkan. Ada kaidah dan aturan pada tarian ini yang tidak boleh diubah.

Tari Zapin Dari Suku Melayu Pada Awalnya Dibawa Dari?


Tarian zapin awalnya lahir dari bentuk permainan menggunakan kaki yang dimainkan laki-laki bangsa Arab dan Persia. Perkembangannya di Nusantara bersamaan dengan penyebaran agama Islam yang dibawa pedagang Arab dari Hadramaut.

Tarian Zapin diperkenalkan di Pekanbaru oleh seorang songkok yang berasal dari Sumatra yang bernama Adam sekitar tahun 1930-an. Namun tarian ini sangat popular di Pekanbaru pada tahun 1950-an dan 1960-an terutama di kampung Tanjung Gemuk dan kampung Lamir.

Sebelum tahun 1960, awalnya tari zapin hanya ditarikan penari lelaki tetapi namun seiring perkembangan penari perempuan juga ditampilkan. Dan kadang juga dibawakan secara bersamaan laki-laki dengan perempuan. Dahulu tari zapin ditarikan di atas tikar madani dan tikar tersebut tidak boleh bergoyang atau bergeser sedikitpun sewaktu menarikan tari zapin tersebut.

Zapin mempertontonkan gerak kaki cepat mengikuti hentakan pukulan pada gendang kecil yang disebut marwas. Harmoni ritmik instrumennya semakin merdu dengan alat musik petik gambus. Karena mendapat pengaruh dari Arab, tarian ini memang terasa bersifat edukatif tanpa menghilangkan sisi hiburan. Ada sisipan pesan agama dalam syair lagunya. Biasanya dalam tariannya dikisahkan keseharian hidup masyarakat melayu seperti gerak meniti batang, pinang kotai, pusar belanak dan lainnya. Anda akan melihat gerak pembuka tariannya berupa gerak membentuk huruf alif (huruf bahasa Arab) yang melambangkan keagungan Tuhan.

Musik Pengiring

Alat Musik pengiring tari zapin terdiri atas dua alat yang utama yaitu alat musik petik gambus dan tiga buah alat musik tabuh gendang kecil yang disebut marwas.



Kostum dan Tata rias

Para penari zapin lelaki mengenakan baju kurung cekak musang dan seluar, songket, plekat, kopiah, dan bros. Sementara untuk penari perempuan berupa baju kurung labuh, kain songket, kain samping, selendang tudung manto, anting-anting, kembang goyang, kalung, serta riasan sanggul lipat pandan dan conget.

Jenis Tari Zapin

Tari ini sangat ragam gerak tarinya, namun pada dasarnya gerak dasar zapin-nya sama, ditarikan oleh rakyat di pesisir timur dan barat Sumatera, Semenanjung Malaysia, Sarawak,Kepulauan Riau, pesisir Kalimantan dan Brunei Darussalam.

Di Brunei, tarian Zapin cukup banyak macamnya seperti rentaknya dan geraknya dan mengikut dari segi sebutannya yaitu dialek orang Brunei zapin lebih dikenali dengan sebutan '"Jipin"'. Berikut ini adalah tarian Zapin di Brunei:
  1. Zapin Laila Sembah (Jipin Laila Sembah)
  2. Zapin Tar (Jipin Tar)
Contoh-contoh Tarian Zapin lainnya :
  1. Zapin Melayu Johor
  2. Zapin Pulau
  3. Zapin Arab
  4. Zapin Singapura
  5. Zapin Lancang Kuning
  6. Zapin Tempurung
  7. Zapin Nelayan
  8. Zapin Nasib Lancang Kuning
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Zapin
http://www.indonesia.travel/id/destination/63/pulau-bintan/article/224/tari-zapin-menikmati-khazanah-tarian-rumpun-melayu-di-kepulauan-riau
https://www.facebook.com/padepokan22/posts/503283156364830

1 comment for "Tari Zapin Tarian Yang Berasal Dari Rumpun Melayu"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete