Ritual Unik Warga Kenya Dalam Tradisi Sunatan

Ritual Unik Warga Kenya Dalam Tradisi Sunatan
Ritual Unik Warga Kenya Dalam Tradisi Sunatan. Disetiap daerah punya ritual tersendiri dalam beberapa acara adat-istiadat.  Seperti halnya di Kenya terdapat ritual sunatan yang begitu unik. Remaja yang akan melakukan sunatan sepanjang ritual, mereka harus bertelanjang bulat dilumuri lumpur dan disunat di hadapan para warga desa.

Tradisi sunatan unik ala Kenya ini dirayakan sebagai ritual tahunan menuju kedewasaan bagi remaja yang sudah menginjak usia 16 tahun.

Seorang pemuda dari suku Bukusu akan melakukan sunatan di depan rumahnya dan disaksikan oleh beberapa warga sekitar. Kelompok Bukusu dari suku Luhya merupakan salah satu suku yang terbesar di Kenya dan masih melanjutkan ritual sunatan sejak lama.

Sebelum sunatan dilakukan para pemuda Bukusu melakukan ritual berendam diri di air kali. Selama berendam merekah harus melakukan ritual ini tanpa berkedip. Selanjutnya Pemuda Bukusu akan dikawal oleh warga desa saat berjalan menuju tempat ritual sunatan dan ini dilakukan tanpa busana oleh remaja yang akan disunat.

Ritual selanjutnya yaitu para pemuda akan dioleskan lumpur dan beberapa pemuda Bukusu berdiri dan menunggu untuk dioleskan tubuhnya dengan lumpur oleh pembawa ritual ini. Dalam ritual ini juga diiringi tarian tradisional suku Luhya yang dibawakan oleh anak-anak Bukusu.

Setelah berendam dikali dan diolesi lumpur, Ayah dari remaja Bukusu yang akan memimpin acara ritual di depan putranya yang telah siap menjalani sunatan. Dan kemudian pemuda tersebut disunat di hadapan orang tuanya dan warga sekitar yang menyaksikannya.

Itulah ritual unik dalam acara sunatan yang masih dijalankan oleh suku Bukusu di Kenya. 

sumber referensi : merdeka.com

0 Response to "Ritual Unik Warga Kenya Dalam Tradisi Sunatan"

Post a Comment