Rumah Rakit Rumah Adat Asal Palembang Sumatera Selatan

Rumah Rakit Rumah Adat Asal Palembang Sumatera Selatan
Penjelasan Rumah Rakit rumah adat yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan.  Rumah rakit adalah rumah yang dibangun diatas air. Rumah ini berpondasikan dari bambu sebagai alat pengapung rumah tersebut. Dahulu alat pengapung rumah rakit hanya terbuat dari bambu, namun sekarang sudah ditambahkan alat pengapung tambahan seperti drum dan lainnya.

Karena dibangun diatas air, rumah ini termaksud anti banjir. Sehingga rumah ini mengikuti tingkat ketinggian air. Rumah ini hanya terdapat di Palembang disekitaran sungai musi dan sebagai salah satu objek wisata di sungai musi.

Sejarah Rumah Rakit

Asal usul rumah rakit, konon  rumah-rumah rakit yang dibangun di pinggir-pinggir Sungai Musi ini dulunya dihuni oleh warga keturunan Tionghoa. Disebut sebagai rumah rakit, karena bentuk dan rupanya memang seperti rakit yang lengkap. Dibangun diatas sungai karena dahulu sungai dianggap sebagai sumber makanan mata pencaharian dan sumber air.

Fungsi

Fungsinya rumah rakit tidak hanya untuk membawa orang yang ada di atasnya ke suatu tempat (sebagai alat transportasi) tapi juga digunakan sebagai rumah tinggal terapung.

Sumber referensi

http://www.kidnesia.com/Kidnesia2014/Dari-Nesi/Sekitar-Kita/Serba-Serbi/Terapung-apung-di-Rumah-Rakit diakses tanggal 1 oktober 2014

0 Response to "Rumah Rakit Rumah Adat Asal Palembang Sumatera Selatan "

Post a Comment