Rumah Adat Nuwo Sesat Asal Daerah Lampung Sumatera

Rumah Adat Nuwo Sesat Asal Daerah Lampung Sumatera
Penjelasan Rumah adat Nuwo Sesat yang berasal dari daerah Lampung Sumatera. Rumah tradisional adat Lampung ini termaksud kategori rumah panggung. Atapnya terbuat dari anyaman ilalang dan sebagian besar bahnnya terbuat dari kayu. Bentuk rumah panggun ini untuk menghindari serangan hewan dan lebih kokoh bila terjadi gempa bumi, karena masyarakat lampung telah mengenal gempa dari zaman dahulu dan lampung terletak di pertemuan lempeng Asia dan Australia.

Terdapat ornamen yang khas pada bagian sisi bangunan tertentu rumah sessat ini. Umumnya bentuk rumah sessat berbentuk rumah besar. Namun saat ini bentuknya tidak terlalu besar. Di perkampungan penduduk asli Lampung sebagian besar rumah adat ini dibangun tidak bertiang dan berlantai di tanah dengan fungsi yang tetap sama.

Ciri khas lainnya di rumah sesat ini adalah hiasan paying payung besar di atapnya [Rurung Agung] yang berwarna putih, kuning, dan merah yang melambangkan tingkat Kepenyimbangan bagi masyarakat adat Lampung Pepadun.

Bentuk bangunan tempat tinggal masyarakat Kabupaten Lampung boleh di bilang cukup beraneka ragam. Hal ini dapat di lihat dari keragaman bentuk rumah yang didirikan oleh warga setempat sebagai tempat tinggal.




Fungsi rumah adat Nuwo Sesat pada dasarnya merupakan balai pertemuan adat tempat para Perwatin pada saat mengadakan Pepung atau musyawarah adat, karenanya itu juga disebut sebagai Sesat Balai Agung. Bagian bagian dari bangunan ini adalah :
  1. Ijan Geladak merupakan tangga masuk yang dilengkapi dengan atap yang disebut Rurung Agung.
  2. Anjungan, yaitu serambi yang digunakan untuk pertemuan kecil
  3. Pusiban sebagai ruang tempat musyawarah resmi.
  4. Ruang Tetabuhan merupakan tempat menyimpan alat musik tradisional.
  5. Ruang Gajah Merem sebagai tempat istirahat bagi para Penyimbang.
Sumber referensi :
http://budaya-indonesia.org/Rumah-Nuwo-Sesat/ diakses tanggal 7 oktober 2014
http://id.wikipedia.org/wiki/Lampung diakses tanggal 7 oktober 2014
http://batinbudayapoerba.blogspot.com/2013/11/rumah-adat-lampung-lambang-kesatuan.html diakses tanggal 7 oktober 2014

2 Responses to "Rumah Adat Nuwo Sesat Asal Daerah Lampung Sumatera"

  1. artikelnya bagus, izin share ya..

    ReplyDelete
  2. Rumah adat memang memiliki cici khusu di setiap daerah

    ReplyDelete