Pengertian Gong Alat Musik Tradisional Asal Vietnam

Pengertian Gong Alat Musik Tradisional Asal Vietnam
Gong | photo: google image
Pengertian Gong alat musik tradisional yang berasal dari Vietnam. Gong merupakan sebuah alat musik pukul yang terkenal di Asia Tenggara dan Asia Timur. Gong juga merupakan salah satu alat musik tradisional. Alat musik ini terbuat dari leburan logam seperti perunggu dengan tembaga dengan permukaan yang bundar (dengan atau tanpa Pencu).

Gong yang telah ditempa belum dapat ditentukan nadanya. Nada gong baru terbentuk setelah dibilas dan dibersihkan. Apabila nadanya masih belum sesuai, gong dikerok sehingga lapisan perunggunya menjadi lebih tipis.

Cara memainkan dan penempatan gong

Gong dapat di gantung pada bingkai atau diletakkan berjajar pada rak, atau bisa ditempatkan pada permukaan yang lunak seperti tikar. Ada pula gong genggam yang dimainkan sambil berjalan ataupun menari. Gong yang memiliki suara rendah, ditabuh dengan pemukul kayu yang ujungnya di balut dengan karet, katun, atau benang.

Sejarah dan Perkembangan

Tahun 1930, bukti peninggalan asal usul gong ditemukan di daerah pinggiran sungai pada Desa Ma provinsi Thanh Hoa, Vietnam Utara. Bukti yang ditemukan tersebut berbentuk gendang perunggu (tutupnya berasal dari logam) yang dikisarkan berumur 500 – 100 SM. Penemuan gong dalam bentuk lain yaitu pada Yunnan (Tiongkok) tahun 200 SM, orang tiongkok sudah memainkan sederet gendang perunggu.

Pada kurun waktu 500 awal Masehi, gendang perunggu mulai masuk di Indonesia sebagai salah satu alat barter oleh negara lain. Hal ini dapat didukung dengan adanya gendang perunggu di kepulauan Indonesia, seperti Sumatra, Jawa, Bali, Sumbawa, Selayar, Seram, kei dan pulau lain di Maluku, Roti dan pulau lain di NusaTenggara Timur, dan di daerah kepala burung Irian Barat. Pembuatan gendang perunggu diIndonesia pada tahun 19 dan 20 Masehi digunakan sebagai Mahar atau perangkat upacara,sebagai alat perkusi bukan pembawa melodi.

Pakar arkkeologi, Peter Bellwood, mengatakan bahwa terdapat bukti pembuatan logam oleh bangsa Indonesia sebelum abad 200 Masehi pada Bali, dan sebelum 500 Masehi pembuatan logam pada daerah Jawa, Madura, Riau, Flores, kepulauan Talaud. Meskipun ada teori Gong berasal dari gendang perunggu, tidak menutup kemungkinan gong perunggu diadaptasi dari Gong datar, kemudian di Indonesia dikembangkan yaitu dengan penambahan pencu. Atau bias saja gong yang masuk di Indonesia ada dua macam, yaitu gendang perunggu dan gong datar. Pada abad ke 12 para ahli yakin bahwa Gong kecil berpencu sudah menjadi alat musik di Jawa




Daftar gong

Daftar beberapa jenis gong :

  1. Gandingan
  2. Agung
  3. Babendil
  4. Bonang
  5. Coil Gong
  6. Gandingan
  7. Gong ageng
  8. Kempul
  9. Kempyang and ketuk
  10. Kenong
  11. Khong mon
  12. Kulintang
  13. chau gong
  14. nipple gong (boa gong)
  15. feng gong
  16. tam tam
  17. paiste symphonic
  18. flat gong
  19. rin gong
  20. Umpan
Di Korea Selatan gong disebut juga Kkwaenggwari yang terbuat dari logam berwarna kuningan ini dimainkan dengan cara ditopang oleh kelima jari dan dipukul menggunakan sebuah stik pendek. Cara memegang kkwaenggwari menggunakan lima jari ini ternyata memiliki kegunaan khusus, karena satu jari (telunjuk) bisa digunakan untuk meredam getaran gong dan mengurangi volume suara denting yang dihasilkan.

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Gong diakses tanggal 29 november 2014
http://www.academia.edu/4035106/Asal_Usul_Gong diakses tanggal 29 november 2014

3 Responses to "Pengertian Gong Alat Musik Tradisional Asal Vietnam"

  1. Apakah alat musik gong termasuk dari negara lain???
    siapakah yg pertama kalinya yg membuat alat musik gong ini???
    TOLONG DIJAWAB!!!!!!!!!!!!!
    PLISSS!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut sumber yang saya telusuri, Gong tertua awalnya ditemukan di vietnam, namun belum diketahui siapa yang membuatnya pertama kali.

      Delete