Celana Dari Kulit Pohon Sagu Suku Kamoro Papua

Celana Dari Kulit Pohon Sagu Suku Kamoro Papua
suku Kamoro (Foto: Arpan/Okezone)
Kepulauan papua terkenal dengan beragam sukunya. Uniknya suku-suku yang berada di papua mempunyai kebudayaan yang begitu menarik. Salah satunya adalah suku Kamoro. Suku ini merupakan suku yang masih saudara kerabat dengan suku asmat. Mereka menggunakan kulit pohon sagu untuk dijadikan sebagai celana.


Seperti dilansir Travel Okezone suku Kamoro menggunakan celana, aksesori, dan topi yang unik. Celana suku tersebut terbuat dari kulit pohon sagu, dada mereka diolesi atau ditato dengan menggunakan kapur, dan topi dari bulu burung kasuari. Mereka membuat pernak pernik tersebut dengan rapi dan ketelitian.

“Ini terbuat dari kulit pohon sagu. Kita keringkan, kemudian disisir, lalu dijemur selama satu hari. Dipintal dengan benang, setelah itu langsung bisa dipakai,” tutur Alfons salah satu anggota suku kamoro mengenai celana yang dia kenakan.

Tato yang ada ditubuh suku kamoro bermotifkan macan tutul. Mereka melukis dengan menggunakan kapur menghiasi dada dan betis dengan bentuk lukis digambar bebas. Lukisan tersebut ada yang mirip dasi, melingkari leher, turun hingga sedikit di atas pusar.

Untuk motif topinya terbuat dari anyaman bambu yang diikat pada bulu burung kasuari.
"Pakaian dan lukisan ini kami pakai kalau mengikuti upacara adat dan pertemuan suku seperti sekarang ini," ucap Alfons salah satu suku kamoro.


Itulah keunikan busana yang digunakan suku Kamoro yang masih menjadi ciri khasnya hingga sekarang.

0 Response to "Celana Dari Kulit Pohon Sagu Suku Kamoro Papua"

Post a Comment