Melihat Sisi Kehidupan Suku Bajau Kalimantan

Melihat sisi kehidupan suku bajau Kalimantan. Kalimantan sudah merupakan daerah yang modern. Namun masih terdapat daerah pedalaman dimana terdapat suku bangsa Bajau. Masyarakat Bajau terkenal dengan sebutan Gipsy Laut, yang tinggal di perahu kecil, berlayar pada siang hari dan malam untuk mencari nafkah

Seperti dilansir liputan 6, dahulu masyarakat bajau, tinggal bersembunyi di suatu tempat terpencil di desa yang mengambang di atas terumbu karang. Namun, saat ini sudah banyak dari mereka yang mulai merambah bagian pantai dan menempati pulau-pulau kecil. Mereka berprofesi sebagai nelayan dan menjual ikan. Mereka juga terus mengembangkan pengetahuan mereka tentang laut.

Pada dasarnya suku Bajau tidak memiliki pengetahuan tentang membaca dan menulis, hal ini mungkin karena daerah meraka belum mendapatkan fasilitas pendidikan. Mereka belajar otodidak mengenai cara memancing dan menangkap ikan. Dikalangan mereka ketika berburu, tidak mengenal usia, semua orang membantu untuk menemukan tempat untuk menangkap ikan. Anak mereka juga ikut dalam perburuan dan terus berada di dalam kapal sambil belajar bagaimana cara menyelam atau berenang. Sehingga umur 8 tahun mereka sudah mulai berburu.


Berikut dibawah ini merupakan kumpulan foto dari seorang fotografer asal Perancis, Réhahn yang mengabadikan keindahan tempat dan sisi kehidupan orang-orang gipsy laut seperti yang dilansir dari Boredpanda, Sabtu (28/3/2015).

anak suku bajau

anak suku bajau

anak suku bajau

anak suku bajau

anak suku bajau

anak suku bajau

sumber foto : Réhahn

0 Response to "Melihat Sisi Kehidupan Suku Bajau Kalimantan"

Post a Comment