Pendapat Ilmuwan Tentang Sejarah Asal Suku Bajo

Pendapat Ilmuwan Tentang Sejarah Asal Suku Bajo
Mengungkap teka teki sejarah asal suku Bajo. Suku Bajo sangat terkenal sebagai pelaut yang tangguh di nusantara. Kehidupan mereka tidak pernah lepas dari kehidupan samudera. Sebagian besar mereka tersebar di wilayah Segitiga Terumbu Karang di Asia Tenggara. Mereka menghuni perairan tepi pantai dengan rumah berfondasi batu dan material kayu.

Orang Bajo biasa disebut juga "Orang Laut", "Sama Bajau" atau "Gipsi Laut". Di Indonesia suku ini tersebar di timur Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan bahkan sampai di luar negerai hingga Filipina bagian selatan.

Baca juga : Pendapat asal suku bajau dari filiphina

Dilansir laman nationalgeographic.co.id mengenai asal usul suku Bajo masih banyak para ilmuwan yang bertanya-tanya. Seorang ilmuwan asal Perancis Phillippe Grange yang merupakan seorang ahli linguistik dari Universite La Rochelle mengatakan "Mereka memang nomaden tapi orang pasti punya asal-usul. Di mana asal-usul mereka, itu masih pertanyaan,".

Beberapa teori yang telah diajukan untuk mengungkap asal usul orang Bajo dalam seminar tentang keragaman genetik bertema "Austronesia Diaspora" yang diadakan Lembaga Eijkman di Jakarta, masih belum memuaskan. Dan hingga kini asal usul suku Bajo masih menjadi pembicaraan para ilmuwan.

0 Response to "Pendapat Ilmuwan Tentang Sejarah Asal Suku Bajo"

Post a Comment