11 Bangsa Paling Berpengaruh Pada Perkembangan Zaman

Perkembangan zaman di era modern, tidak terlepas dari pengaruh bangsa-bangsa yang ada di dunia. Perkembangan ini berkat giatnya manusia-manusia belajar dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Dari perjalanan menuju era modern, terdapat 11 bangsa manusia yang memiliki peran penting dalam perkembangan ini. Berikut dibawah ini adalah 11 bangsa tersebut.

11 Bangsa Paling Berpengaruh Pada Perkembangan Zaman

11 Bangsa Paling Berpengaruh Pada Perkembangan Zaman


11. AMERIKA SERIKAT

Di urutan 11 terdapat bangsa Amerika, dan saat ini negara amerika merupakan negara adidaya. Bangsa Amerika merupakan keturunan dari Bangsa-Bangsa Eropa seperti Inggris, Irlandia, Belanda, Spanyol, dll. Pada awal terbentuknya peradaban Amerika Serikat di Amerika Utara, tak ada yang begitu spesial dari bangsa ini. Namun seiring berkembangnya sistem demokrasi dan kebebasan sosial, bermunculanlah orang-orang jenius, kreatif, dan inovatif yang mendorong kemajuan bangsa ini dari sisi ekonomi, teknologi, maupun hiburan. Bangsa inilah yang menemukan listrik, menciptakan telepon, televisi, komputer, internet, dan juga film-film terbaik di dunia. Sehingga saat ini peranan semua bangsa di dunia tak bisa lepas dari pengaruh Amerika, entah itu dalam bidang ekonomi, teknologi, maupun hiburan.

10. INGGRIS

Bangsa Inggris merupakan keturunan dari Suku Angles yang awalnya bermukim di semenanjung Anglen, wilayah teluk baltik. Bangsa berbentuk kerajaan dari abad ke 18 hingga saat ini. Kerajaan Inggris adalah salah satu kerajaan paling kuat yang pernah ada dalam sejarah manusia. Hal ini karena banyak bangsa di dunia yang pernah ditaklukkan oleh bangsa ini. Hal itulah yang membuat bahasa Inggris menjadi bahasa wajib internasional. Selain membawa pengaruh budaya, Inggris juga menyebarkan pengaruh politik dan ekonomi yang sama kuat bangsa Amerika Serikat. Pengaruh bangsa Inggris terhadap dunia adalah diciptakannya Mesin Uap yang mendorong terjadinya Revolusi Industri di seluruh dunia, mengubah sistem politik dan sistem ekonomi yang berlaku di dunia untuk selamanya.

9. ROMAWI

Bangsa Romawi yang bermukim di Kota Roma juga pernah menjadi kerajaan terkuat. Mereka merupakan nenek moyang dari Bangsa Italia. Kerajaan ini dibentuk pada tahun 750 SM dari kerajaan kecil yang kemudian menjadi salah satu kerajaan paling besar di dunia setelah mereka melakukan serangkaian invasi hampir ke seluruh Eropa. Lewat invasinya, Bangsa Romawi telah mempersatukan Eropa dan membangun fondasi bagi Uni Eropa di masa depan. Pengaruh Bangsa Romawi yang paling besar adalah pada bidang tata kota, arsitektur, sanitasi, dan jalur transportasi yang menjadi patokan bagi semua kota di dunia. Selain itu, bangsa romawi juga menciptakan Kalender Julian pada tahun 46 sebelum masehi yang menjadi cikal bakal dari Kalender Masehi.

8. MONGOLIA

Kali ini adalah bangsa yang berasal dari Asia yaitu Mongolia. Bangsa Mongolia bermukim di daerah Asia Timur, diapit oleh Rusia dan China, terkurung daratan dan jauh dari lautan. Dahulu, bangsa ini terkenal sebagai bangsa penakluk yang sangat ganas dan kejam dengan pemimpin legendarisnya, Genghis Khan dan Hulagu Khan. Bangsa Mongolia ini pula yang "menghabisi" Khilafah Abbasiyah secara sadis pada abad 13. Bangsa ini pula yang disebut-sebut sebagai bangsa dengan wilayah terluas di muka bumi ketika menguasai seluruh daratan di Asia Timur. Wilayah Mongolia ketika itu luasnya berkali-kali lipat dari wilayah Kekaisaran Romawi. Tak heran, Mongolia Kuno disebut-sebut sebagai kerajaan paling besar, paling kuat, dan paling kejam dalam sejarah.

Bangsa ini banyak memilki peran penting dalam bidang ilmu pengetahuan dan administrasi, seperti taktik politik dan taktik perang yang efektif, hingga sistem pengiriman pos yang efisien. Lewat serangkaian invasinya untuk menaklukkan seluruh wilayah Asia, Bangsa Mongolia juga telah mengubah peta sejarah terutama nasib Rusia. Pada awal abad 20, taktik invasi Bangsa Mongolia itu pula yang menjadi pedoman dan inspirasi Hitler untuk menaklukkan dunia. Pengaruh Mongolia secara tidak langsung terasa sampai saat ini.

7. ARAB

Bangsa Arab adalah etnik di timur tengah yang terbagi-bagi dalam banyak sub-etnik, salah satunya Saudi. Bangsa padang pasir ini kini tersebar di beberapa negara antara lain Saudi, Uni Emirat, Libanon, Yaman, Suriah, Iraq, dan lainnya. Sebelum kemunculan agama Islam di Saudi, Bangsa Arab dikenal barbar.

Pengaruh Bangsa Arab bagi umat manusia di seluruh dunia sangat banyak. Mulai dari penyebaran agama Islam yang mempengaruhi peta politik dan ekonomi dunia, serta pengaruh kebudayaan Arab terutama angka Arab dalam bidang matematika yang dianggap lebih akurat dan efisien daripada angka Romawi. Lewat angka Arab inilah, lahir banyak teknologi modern pada zaman sekarang dan seterusnya. Selain itu, penaklukkan Konstantinopel oleh Bangsa Turki tak terlepas dari pengaruh pemikiran-pemikiran Arab. Penaklukkan itu pula yang mengusir Bangsa-Bangsa Eropa dari tanahnya sendiri, mendorong Bangsa Eropa untuk berkelana mencari rumah baru sampai ke benua Amerika dan Asia Tenggara, menjajah banyak bangsa di dua benua tersebut.

6. PERSIA

Bangsa Persia adalah nenek moyang dari Bangsa Iran sebelum budaya Arab dan agama Islam mencampuri kultur asli Persia. Bangsa Persia telah eksis dan membentuk peradaban yang sangat maju 3.000 tahun sebelum masehi. Kemunduran Bangsa Persia terjadi pada masa pemerintahan Sassania. Pada masa ini pula Persia takluk hingga dijajah oleh Bangsa Arab. Di bawah kekuasaan Bangsa Arab, kultur asli Persia perlahan-lahan lenyap digantikan oleh budaya Arab hingga Persia berubah menjadi Iran.

Pengaruh Persia pada perkembangan dunia berupa penemuan bagi peradaban umat manusia, antara lain batu bata, lem, kincir angin, minuman wine, es krim, biskuit, alat musik petik tar (cikal bakal gitar), sistem pengiriman pos, sistem pajak, dan deklarasi Hak Asasi Manusia pertama yang menginspirasi Inggris membuat Magna Carta.

5. YUNANI

Yunani adalah satu bangsa di Eropa Barat yang eksis sejak 1.000 tahun sebelum masehi dan masih eksis sampai hari ini. Bangsa ini terdiri dari beragam etnik antara lain Attic, Ionic, Aeolic, dan Doric. Pada zaman kejayaannya (500 SM - 600 M), Yunani dikenal sebagai bangsa yang beradab dan cerdas. Namun bangsa ini hancur lebur ketika diserang oleh Romawi. Sejak saat itu, Bangsa Yunani tak pernah semaju dulu lagi.

Bangsa Yunani banyak menyumbang penemuan bagi umat manusia, antara lain kincir air, alarm jam, odometer, kartografi (ilmu pembuatan peta), zoologi (ilmu tentang hewan), dasar-dasar geometri, ratusan terobosan dalam bidang astronomi, biologi, dan fisika, penemuan ratusan jenis obat herbal, penyelenggaraan ajang olimpiade, dan terakhir tentunya pencetusan sistem demokrasi yang memungkinkan satu kelompok masyarakat untuk memilih pemimpin secara damai tanpa peperangan. Sistem inilah yang kemudian banyak dianut oleh negara-negara di seluruh dunia menggantikan sistem otokrasi pasca Perang Dunia I dan II untuk menghindari terjadinya peperangan serupa hanya untuk memperebutkan kekuasaan.

4. CHINA

Bangsa China merupakan salah satu bangsa paling tua di dunia. Mereka telah membentuk peradaban maju sejak 2.000 tahun sebelum masehi dan masih eksis sampai saat ini. Bangsa yang bermukim di Asia Timur ini terkenal cerdas, disiplin, dan ambisius. Sejarah panjang Bangsa China mengalami naik dan turun selama ribuan tahun. Sempat berjaya, terpuruk, lalu bangkit lagi.

Bangsa China juga merupakan salah satu bangsa yang paling banyak menyumbangkan penemuan bagi umat manusia. Berikut penemuannya:

- Kertas
- Sablon
- Sumpit
- Garpu
- Kompas
- Dayung
- Kemudi Kapal
- Alat Pancing
- Panah Mekanis (Crossbow)
- Serbuk Mesiu
- Bom
- Peti Mati
- Gerobak
- Kain Sutra
- Uang Kertas
- Besi Cor
- Bell
- Seismograf
- Layang-Layang
- Kembang Api
- Tali Leher Kuda
- Peleburan Besi dan Baja
- Mesin Tenun
- Permainan Domino
- Permainan Cuju (cikal bakal sepak bola)
- Pengobatan Akupunktur
- Tambal Gigi
- Peralatan Masak Modern
- Tahu, Mie, Bakso, Siomay, Cincau, Bakpao, dll...

3. MESIR

Bangsa Mesir adalah satu bangsa yang telah bermukim di Afrika Utara sejak 6.000 tahun yang lalu. Kemajuan Mesir di bidang teknologi justru terjadi pada masa-masa gelap Mesir di bawah pemerintahan Firaun. Tercatat Mesir menyumbang beberapa penemuan krusial dan penting bagi umat manusia, antara lain jam matahari (cikal bakal jam modern), kalender matahari (cikal bakal kalender modern), alfabet gambar (cikal bakal alfabet modern), kunci pintu, tinta, sikat gigi, dan alat bajak sawah.

2. INDIA

India adalah bangsa paling tua dan pertama di dunia yang bermukim di Asia Selatan sejak 30.000 tahun yang lalu. Bangsa India diakui memiliki kebudayaan yang menjadi induk bagi semua budaya di Asia bahkan dunia.

India menyumbang beberapa penemuan paling penting dalam sejarah umat manusia. Penemuan tersebut antara lain adalah bahasa sanskerta (induk dari semua bahasa di dunia), sistem angka desimal (cikal bakal angka Arab), sistem angka biner, penggaris, dan permainan chaturanga (cikal bakal permainan catur).

1. MESOPOTAMIA

Bangsa Mesopotamia atau lebih dikenal dengan Bangsa Babilonia (Ibu Kota Mesopotamia) adalah satu bangsa kuno yang hidup di daerah Iraq dan Suriah 4.000 tahun sebelum masehi. Bangsa Mesopotamia adalah bangsa paling maju di zamannya. Para ilmuwan menganggap Mesopotamia sebagai bangsa pertama yang membentuk satu negara maju yang tertata oleh aturan, menjadi pusat politik, ekonomi, dan urbanisasi. Bahkan beberapa sejarawan sering menjuluki New York sebagai "Babilonia Masa Kini", sebab Kota Babilonia di Mesopotamia adalah kota megapolitan di zamannya, mirip seperti New York hari ini.

Mesopotamia menyumbang beberapa penemuan antara lain adalah konsep matematika, konsep waktu, bahasa sandi, pertanian, irigasi, gunting, dan terakhir adalah penemuan sederhana yang menjadi lompatan besar bagi peradaban manusia, penemuan terpenting nomor 1 dari 100 penemuan paling penting sepanjang sejarah versi History Channel adalah: RODA.
Itulah bangsa-bangsa yang telah merubah peradaban manusia hingga menjadi modern seperti saat ini.

Sumber referensi:

http://www.kaskus.co.id/thread/5813c4ef31e2e660178b456c/kaskus.co.id/?utm_source=facebook&utm_medium=internalpost&utm_campaign=hotthread

0 Response to "11 Bangsa Paling Berpengaruh Pada Perkembangan Zaman"

Post a Comment