Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Lengkap Alat Musik Tradisional di Indonesia

Daftar Lengkap Alat Musik Tradisional di Indonesia Beserta Daerah Asalnya. Negara Indonesia terkenal dengan keaneka ragaman budayanya, suku dan bahkan alat musik tradisionalnya. Tidak seperti alat musik modern, alat musik tradisional dari indonesia memiliki bentuk dan suara yang unik. Sehingga perlu untuk dilestarikan.


Untuk mengenal lebih jauh mengenai jenis-jenis alat musik tradisional di 33 Provinsi indonesia, yuk kita lihat daftarnya dibawah ini.


Daftar nama alat musik tradisional Indonesia dan asal daerahnya :


Alat Musik Tradisional Bagian Suamatera


1. Serune Kale

Berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam yang mempunyai jenis bunyi Aerofon, yaitu bunyi yang berasal dari hembusan angin. Cara menggunakannya dengan ditiup dan menggunakan jari untuk mengatur nada yang ada di lubang serune kale.

2. Aramba

Berasal dari Pulau Nias, Sumatera Utara yang mempunyai jenis bunyi Ideofon, yaitu bunyi yang berasal dari bahan dasarnya. Cara menggunakan dengan dipukul dengan menggunakan pemukul seperti stik.

3. Saluang

Berasal dari  Minangkabau, Sumatera Barat yang mempunyai jenis bunyi Aerofon. Cara menggunakannya dengan ditiup dan lubang yang ada di salung digunakan untuk mengatur nada dan jari-jari tangan berfungsi untuk menutup lubangnya.

4. Gambus

Berasal dari Riau dengan jenis bunyi Kordofun, yaitu bunyi yang berasal dari dawai atau senar. Gambus mempunyai 3 senar – 12 senar. Gambus biasa dimainkan sambil diiringi gendang.

5. Serangko

Berasal dari Jambi dan terbuat dari tanduk kerbau. Cara menggunakannya dengan ditiup, serangko biasa digunakan untuk pemberitahuan jika ada musibah di masyarakat Jambi.

6. Accordion

Accoridon berasal dari Sumatera Selatan yang mempunyai jenis bunyi Aerofon. Cara menggunakannya dengan ditiup dan memakang kedua tangan untuk mengatur alunan nada.

7. Doll

Alat musik ini berasal dari Bengkulu yang mempunyai jenis bunyi Membranofon, yaitu jenis bunyi yang asalnya dengan memukul. Cara menggunakan alat musik ini dengan dipukul memakai alat pemukul.

8. Bende

Alat musik tradisional bende berasal dari Lampung yang mempunyai jenis bunyi Ideofon. Cara menggunakannya yaitu dipukul dengan alat pukul yang khusus.

9. Gendang Melayu

Gendang melayu berasal dari Kepulauan bangka belitung yang mempunyai jenis bunyi Membranofon, yaitu jenis bunyi yang asalnya dengan memukul di sekitar area lunak dengan menggunakan telapak tangan.

10. Gendang Panjang

Gendang panjang berasal dari Kepulauan Riau yang mempunyai jenis bunyi Membranofon yang digunakan dengan cara menepukkan tangan pada area yang lunak.

11. Talempong

Talempong berasal dari Sumatera Barat, alat ini dimainkan dengan dipukul menggunakan kayu. Bentuk talempong mirip dengan alat musik bonang dari Jawa Tengah.

12. Pupuik Batang Padi

Pupuik batang padi berasal dari Sumatera Barat, bentuknya terbuat dari ruas batang padi yang sudang tua dan berbuku. Cara memainkanya yaitu dengan ditiup.

13. Serunai

Alat musik tradisional Serunai berasal dari Sumatera Barat yang terbuat dari padi, kayu dan bambu. Cara memainkannya yaitu dengan ditiup.

14. Tambua & Tansa

Alat musik tradisional Tambua dan tansa berasal dari Sumatera Barat yang terbuat dari kayu yang dilubangi tengahnya. Cara memainkannya yaitu dengan dipukul secara serentak.

15. Burdah atau Gendang Oku

Alat musik tradisional Burdah berasal dari Sumatera Selatan yang terbuat dari bahan kulit binatang atau kayu. Burdah sejenis dengan rebana yang cara memainkannya dengan dipukul.

16. Tenun

Alat musik tradisional Tenun berasal dari Sumatera Selatan yang terbuat dari kayu yang berbentunk segitiga. Dinamakan tenun karena sering digunakan sebagai penghibur para pekerja yang sedang menenun.

17. Kenong Basemah

Alat musik tradisional Kenong basemah berasal dari Sumatera Selatan yang terbuat dari tembaga. Cara memainkannya yaitu dengan dipukul.

18. Tebangan

Alat musik tradisional Tebangan berasal dari Sumatera Selatan yang hampir mirip dengan rebana. Cara memainkannya yaitu dengan dipukul.

Alat Musik Tradisional Pulau Jawa


18. Tehyan

Alat musik tradisional Tehyan berasal dari Ibukota Jakarta yang mempunyai jenis suara Kordofon yang digunakan dengan cara digesek di bagian dawai atau senarnya, hampir sama dengan memainkan biola.

20. Angklung

Alat musik tradisional Angklung berasal dari Jawa barat yang mempunyai jenis bunyi Ideofon. Cara memainkan angkul yaitu menggunakan tangan kita.

21. Gamelan

Alat musik tradisional Gamelan berasal dari Jawa Tengah yang mempunyai jenis bunyi Ideofon. Cara memainkannya yaitu dengan dipukul dengan alat pemukul.

22. Gendang

Alat musik tradisional Gendang berasal dari Yogyakarta yang mempunyai jenis bunyi Ideofon. Cara memainkannya dengan ditepuk di area lunak menggunakan telapak tangan.

23. Bonang

Alat musik tradisional Bonang berasal dari Jawa Timur yang mempunyai jenis bunyi Ideofon. Cara memainkannya dengan dipukul.

24. Gendang

Alat musik tradisional Gendang berasal dari Banten yang mempunyai jenis bunyi Membranofon. Cara memainkannya dengan menepuk memakai telapak tangan.

25. Kendang

Alat musik tradisional Kendang berasal dari Jawa Barat yang mempunyai jenis bunyi Membranofon. Cara memainkannya dengan dipukul dengan alat pemukul.

26. Kulanter

Alat musik tradisional Kulanter berasal dari Jawa Barat yang mempunyai jenis bunyi Membranofon. Cara memainkannya dengan dipukul, kulanter biasanya dijadikan pengiring kendang.

27. Gong

Alat musik tradisional Gong berasal dari Jawa Barat yang jika dipukul akan mengeluarkan jenis bunyi Membranofon. Gong biasanya di ikat atau digantung pada kayu.

28. Jengglong

Alat musik tradisional Jengglong berasal dari Jawa Barat yang menyerupai gong kecil. Jengglong biasanya dijadikan pengiring gong.

29. Rebab

Alat musik tradisional Rebab berasal dari Jawa Barat yang cara memainkannya seperti biola yaitu di gesek. Bentuk rebab seperti busur panah.

Alat Musik Tradisional Bagian Pulau Bali dan Sekitarnya


30. Gengceng

Alat musik tradisional Gengceng berasal dari Bali yang mempunyai jenis bunyi Ideofon. Cara memainkannya dengan diletakkan pada kedua telapak tangan kemudian ditepuk.

31. Serunai

Alat musik tradisional Serunai berasal dari Nusa Tenggara Barat yang mempunyai jenis bunyi Aerofon. Cara memainkannya dengan ditiup lalu nadanya diataur dengan jari tangan.

32. Sasando

Alat musik tradisional Sasando berasal dari Nusa Tenggara Timur yang mempunyai jenis bunyi Chordofon. Cara memainkannya dengan dipetik.

Alat Musik Tradisional Bagian Pulau Kalimantan


33. Japen

Alat musik tradisional Japen berasal dari Kalimantan Tengah yang mempunyai jenis bunyi Kordofon. Cara memainkannya dengan dipetik.

34. Sampe

Alat musik tradisional Sampe berasal dari Kalimantan Timur yang mempunyai jenis bunyi Kordofon. Cara memainkannya dengan dipetik dibagian senarnya.

35. Tuma

Alat musik tradisional Tuma berasal dari Kalimantan Barat yang mempunyai jenis bunyi Membranofon. Cara memainkannya dengan ditepuk menggunakan telapak tangan.

36. Panting

Alat musik tradisional Panting berasal dari Kalimantan Selatan yang mempunyai jenis bunyi Kordofon. Cara memainkannya dengan dipetik dibagian senarnya.

Alat Musik Tradisional Bagian Pulau Sulawesi


37. Kolintang

Alat musik tradisional Kolintang berasal dari Sulawesi Utara yang mempunyai jenis bunyi Ideofon. Cara memainkannya dengan dipukul.

38. Ganda

Alat musik tradisional Ganda berasal dari Sulawesi Tengah yang mempunyai jenis bunyi Membranofon. Cara memainkannya dengan menepuk menggunakan telapak tangan.

39. Keso

Alat musik tradisional Keso berasal dari Sulawesi Selatan yang mempunyai jenis bunyi Chordofon. Cara memainkannya dengan digesek di bagian senar. 

40. Ladolado

Alat musik tradisional Ladolado berasal dari Sulawesi Tenggara yang mempunyai jenis bunyi Ideopon. Cara memainkannya dengan dipukul.

41. Ganda

Alat musik tradisional Ganda berasal dari Gorontalo yang mempunyai jenis bunyi Membranofon. Cara memainkannya dengan ditepuk memakai telapak tangan.

42. Kecapi

Alat musik tradisional Kecapi berasal dari Sulawesi Barat yang mempunyai jenis bunyi Kordofon. Cara memainkannya dengan dipetik di bagian senarnya.


Alat Musik Tradisional Bagian Kepulauan Maluku dan Sekitarnya


43. Nafiri

Alat musik tradisional Nafiri berasal dari Maluku yang mempunyai jenis bunyi Membranofon. Cara memainkannya dengan ditepuk menggunakan telapak tangan.

44. FU

Alat musik tradisional FU berasal dari Maluku Utara yang mempunyai jenis bunyi Aerofon. Cara memainkannya dengan ditiup.

Alat Musik Tradisional Bagian Papua


45. Tifa

Alat musik tradisional Tifa berasal dari Papua yang mempunyai jenis bunyi Membranofon. Cara memainkannya dengan dipukul lewat telapak tangan.

46. Guoto

Alat musik tradisional Guoto berasal dari Papua Barat yang mempunyai jenis bunyi Kordofon. Cara memainkannya dengan memetik senar.

Itulah daftar alat musik tradisional yang berasal dari 33 Provinsi di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Sumber referensi:

http://ilmuseni.com/seni-pertunjukan/seni-musik/nama-alat-musik-tradisional

1 comment for "Daftar Lengkap Alat Musik Tradisional di Indonesia "

  1. Maaf sebelumnya mas kok alat musik sulawesi selatan tidak ada ya kalau secara logika dimana ada kerajaan disitu pasti ada tarian dan dimana ada tarian disitu pasti ada alat musik tradisionalnya na setau kami pentas seni ilagaligo yang di pentaskan ke eropa amerika latin dll apakah menggunakan alat musik jawa,kalimantan, dan dari provinsi lain ? Tentu tidak bukan na prtanyaan saya kenapa alat musik sulawesi selatan tidak ada dalam daftar alat musik tradisional indonesia versi anda...?

    ReplyDelete