Tari Badui Tarian Daerah Sleman Yogyakarta
Tari Badui adalah salah satu kesenian yang berasal dari
daerah Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tari ini merupakan jenis
tarian rakyat yang menggambarkan suatu adegan peperangan atau serombongan
prajurit yang sedang latihan perang. Dalam penyajian tari ini dilakukan secara kelompok
dan berpasangan.
Seni Badui yang kini masih hidup dan berkembang di daerah
kabupaten Sleman kebanyakan berasal dari daerah Kedu, sedang di daerah Kedu
sendiri juga merupakan kesenian rakyat yang semula dibawa oleh seseorang dari
tanah Arab.
Komposisi yang dipakai berbentuk barisan, Kadang-kadang membentuk dua barisan, kadang-kadang pula melingkar berhadapan. Fungsi dari kesenian ini di samping sebagai alat dakwah agama Islam juga hiburan bagi masyarakat.
Seni Badui yang kini masih hidup dan berkembang di daerah
kabupaten Sleman kebanyakan berasal dari daerah Kedu, sedang di daerah Kedu
sendiri juga merupakan kesenian rakyat yang semula dibawa oleh seseorang dari
tanah Arab.
Kisah kedatangan kesenian ini adalah sebagai berikut:
“Dulu ada orang Indonesia yang lama tinggal di tanah Arab. Selama di sana dia mengetahui dan banyak melihat kesenian Badui tersebut. Di samping itu, ia juga melihat kesenian suhanul Muslim, yaitu kesenian orang/bangsa Arab Qurais. Kemudian setelah ia kembali ke tanah air, ia tinggal di desa Mendut, sebelah utara Borobudur/Kedu.
Di desanya ia mengembangkan kesenian Badui tersebut yang thema dan bentuknya masih sama dengan asal mulanya yang dilihat di tanah Arab, namun sementara itu ada bagian-bagian yang diselaraskan dengan keadaan masyarakat kita, terutama syair-syair dan kata-kata yang dilagukannya.
Seni Badui yang sekarang ini telah banyak mengalami perkembangan terutama di dalam lagu dan syairnya”.
Kisah kedatangan kesenian ini adalah sebagai berikut:
“Dulu ada orang Indonesia yang lama tinggal di tanah Arab. Selama di sana dia mengetahui dan banyak melihat kesenian Badui tersebut. Di samping itu, ia juga melihat kesenian suhanul Muslim, yaitu kesenian orang/bangsa Arab Qurais. Kemudian setelah ia kembali ke tanah air, ia tinggal di desa Mendut, sebelah utara Borobudur/Kedu.
Di desanya ia mengembangkan kesenian Badui tersebut yang thema dan bentuknya masih sama dengan asal mulanya yang dilihat di tanah Arab, namun sementara itu ada bagian-bagian yang diselaraskan dengan keadaan masyarakat kita, terutama syair-syair dan kata-kata yang dilagukannya.
Seni Badui yang sekarang ini telah banyak mengalami perkembangan terutama di dalam lagu dan syairnya”.
Bagian-bagian Pendukung
Tari Badui
Jumlah para pendukung pementasan kesenian Badui tidak menentu.
Berikut Bagian bagian pendukung tari Badui.
1. Bagian Instrumen Musik dan Vokalis. Biasanya terdiri dari
10 orang ( jumlahnya kadang tidak menentu)
2. Penari. Terdiri dari kurang lebih 30 orang penari
3. Penari terdiri dari laki-laki yang usianya rata-rata antara 12 - 30 tahun.
3. Penari terdiri dari laki-laki yang usianya rata-rata antara 12 - 30 tahun.
4. Kostum yang dipakai pemain terdiri dari peci Turki
berwarna merah (kanigoro) atau kuluk temanten yang berwarna merah yang ada
kucirnya, baju putih lengan panjang, rompi, celana panji, kain (rampekan)
stagen dan ikat pinggang, kaos kaki dan sepatu putih.
5. Para penari membawa godo/gembel (senjata dan kayu).
6. Vokal disampaikan dalam bentuk lagu dan dibawakan secara bergantian antara penari dengan vokalis, bersama dengan pemegang instrumen musik (saut-sautan, Jawa). Syair yang dibawakan ada yang diambil dari Kitab Kotijah Badui tetapi ada juga yang disusun sendiri, dan berisikan uraian tentang budi pekerti, kepahlawanan, persatuan/kesatuan dan lain-lain.
6. Vokal disampaikan dalam bentuk lagu dan dibawakan secara bergantian antara penari dengan vokalis, bersama dengan pemegang instrumen musik (saut-sautan, Jawa). Syair yang dibawakan ada yang diambil dari Kitab Kotijah Badui tetapi ada juga yang disusun sendiri, dan berisikan uraian tentang budi pekerti, kepahlawanan, persatuan/kesatuan dan lain-lain.
Instrumen yang dipergunakan adalah genderang (tambur) satu
buah, terbang genjreng 3 buah dan satu jedor/bedug. Kadang-kadang ditambah
sebuah peluit yang berfungsi untuk memberi aba-aba akan dimulainya pementasan,
pergantian posisi, maupun berhenti / selesainya pertunjukan.
Lagu-lagu yang dibawakan bernafaskan Islami dan sholawat puji-pujian.
Tari ini biasanya dipentaskan pada malam hari namun sering juga di pentaskan pada siang hari, selama kurang lebih 4,5 jam. Alat penerangan yang digunakan adalah lampu petromak. Ada kalanya pula tarian ini diselingi dengan pencak silat, dan dalam tarian pencak silat ini para pemainnya kadang ada yang dapat mencapai trance.
Posisi kaki penari umumnya terbuka, sedangkan posisi lengan rendah dan tinggi. Konsep pentas yang digunakan ialah arena dengan desain lantai lingkaran dan lurus. Instrumen yang dipergunakan adalah genderang (tambur) satu buah, terbang genjreng 3 buah dan satu jedor.
Kadang-kadang ditambah sebuah peluit yang berfungsi untuk memberi aba-aba akan dimulainya pementasan, pergantian posisi, maupun berhenti / selesainya pertunjukan
Lagu-lagu yang dibawakan bernafaskan Islami dan sholawat puji-pujian.
Tari ini biasanya dipentaskan pada malam hari namun sering juga di pentaskan pada siang hari, selama kurang lebih 4,5 jam. Alat penerangan yang digunakan adalah lampu petromak. Ada kalanya pula tarian ini diselingi dengan pencak silat, dan dalam tarian pencak silat ini para pemainnya kadang ada yang dapat mencapai trance.
Posisi kaki penari umumnya terbuka, sedangkan posisi lengan rendah dan tinggi. Konsep pentas yang digunakan ialah arena dengan desain lantai lingkaran dan lurus. Instrumen yang dipergunakan adalah genderang (tambur) satu buah, terbang genjreng 3 buah dan satu jedor.
Kadang-kadang ditambah sebuah peluit yang berfungsi untuk memberi aba-aba akan dimulainya pementasan, pergantian posisi, maupun berhenti / selesainya pertunjukan
Sumber referensi :
http://benderari.blogspot.com/2011/10/tari-badui-sleman.html
http://guschemplon.blogdetik.com/2013/08/30/tari-badui/
Maturnuwun nuwun infone lur
ReplyDeleteNuwun lur
ReplyDelete