Tarian Daerah Bengkulu Tari Andun

Tari Andun Bengkulu Sumater Selatan
Tarian Daerah Bengkulu Sumater Selatan Tari Andun. Tari Andun berasal dari daerah Bengkulu. Tarian ini dilakukan pada saat pesta pernikahan. Para penari dari tarian ini biasanya dilakukan oleh remaja putra dan putri secara berpasangan pada malam hari dengan diringi musik kolintang. Menurut cerita pada zaman dahulu, tari ini biasanya digunakan sebagai sarana mencari jodoh setelah selesai panen padi. Itulah sebabnya tarian ini dilakukan oleh para remaja putra dan putri.

Tarian ini juga dilakukan saat Beterang atau saat seorang anak perempuan sudah melewati masa balita.

Seiring berkembangnya zaman dan untuk melestarikannya saat ini tarian andun dilakukan sebagai salah satu sarana hiburan bagi masyarakat, khususnya bujang gadis. Selain itu tarian ini merupakan tarian yang gunanya untuk menyambut para tamu yang dihormati. Seperti para pejabat atau tamu Negara dan para wisatawan guna memperkenalkan tarian ini lebih luas lagi.



Itulah penjelasan singkat mengenaik tarian yang berasal dari Bengkulu sumatera utara Tari Andun. Semoga dengan adanya penjelasan ini kita dapat mengenal dan melestarikan kesenian yang ada di Indonesia.

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Andun

0 Response to "Tarian Daerah Bengkulu Tari Andun"

Post a Comment