Tari Campak Tarian Yang Berasal dari Bangka Belitung

tari campak tarian daerah bangka belitung sumatera
Tari Campak Tarian Yang Berasal dari Bangka Belitung Sumatera. Tari Campak merupakan tarian dari daerah Bangka-Belitung. Tari ini menggambarkan keceriaan bujang dan dayang di Kepulauan Bangka Belitung. Biasanya dibawakan setelah panen padi atau sepulang dari kebun.

Pada perkembangannya tari ini digunakan juga sebagai hiburan dalam berbagai kegiatan seperti penyambutan tamu atau pada pesta pernikahan di Bangka Belitung. Tarian ini berkembang pada masa pendudukan bangsa Portugis di Bangka Belitung. Hal ini bisa dilihat dari beberapa ragam pada tari Campak antara lain akordion dan pakaian pada penari perempuan yang sangat kental dengan gaya Eropa. Dibawakan oleh sepasang muda mudi ” remaja “, tarian ini menggambarkan kecerian bujang dayang bangka belitung pada saat musim panen atau pun pulang dari kebun.




Tari Campak merupakan tarian berupa pantun bersambut yang biasanya di dendangkan oleh sepasang bujang dayang dengan irama khas yang dimainkan para pemusik dengan tabuhan gendang, biola serta gong yang ditabuh secara berkala dan teratur. Penari menggunakan selembar sapu tangan yang dikibas-kibaskan mengiringi jari jemari penari.

Seiring perkembangan zaman dan untuk melestarikan kebudayaan, tarian ini menjadi tari icon bangka belitung, walaupun mendapat pengaruh budaya dari budaya eropa tari campak bangka merupakan tarian tradisional karena memiliki nilai-nilai budaya lokal yang dipertahankan.

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Campak
http://zonabangka.com/mengenal-tari-campak-seni-budaya-bangka-belitung/

0 Response to "Tari Campak Tarian Yang Berasal dari Bangka Belitung"

Post a Comment