Tari Pedang Mualang Tarian Dari Suku Dayak Kalimantan

Tari Pedang Mualang Tarian Dari Suku Dayak Kalimantan
Tari Pedang Mualang
Pengertian Tari Pedang Mualang Tarian Yang Berasal Dari Suku Dayak. Sesuai dengan namanya tari pedang mualang adalah tarian yang menggunakan pedang sebagai bagian dari tarian ini. Berasal dari suku dayak yang berada di Kalimantan. Tarian ini biasa dipentaskan dalam acara tradisional suku dayak.

Sejarah Tari
Dahulu tari ini di lakukan oleh para pejuang atau kesatria perang sebagai motivasi dan membangun mental semangat perang sebelum turun melakukan ekspedisi Mengayau. Hal ini di maksudkan untuk memperkuat keyakinan para kesatria. Dengan keyakinan yang kuat mereka mereka yakin harus menang dalam pertahanan ketika melawan serangan maupun dalam keadaan siap menyerang lawan.

Gerak Tari
Gerakan tari ini lebih menekankan pada gerakan aktraktif menggunakan pedang. Gerakan tari seperti menyerang maupun menangkis serangan lawan dengan menggunakan pedang.  Pedang yang digunakan sebagai objek di mainkan dengan alunan baik di kepala maupun di bahu serta keahlian melakukan putaran pedang.

Musik Pengirin
Tari Pedang Mualang diiringi oleh tebah tradional yang disebut "tebah Undup Banyur " tetapi ada kalanya dilakukan dengan Tebah Undup Biasa.

Kurangnya minat generasi muda untuk mempelajari tarian ini, membuat tarian pedang mualang terancam punah. Tidak banyak lagi tua – tua yaitu orang yang pandai dalam tarian pedang mualang yang menurunkan tarian ini kepada generasi baru.

Tari ini merupakan tarian tunggal tradisional yang di sajikan pada masa kini untuk menghibur masyarakat dalam setiap acara tradisional. Misalnya pada pesta panen padi atau disebut juga Gawai Dayak, pesta pernikahan atau Gawai Belaki Bini dan lain sebagainya.

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Pedang diakses tanggal 24 agustus 2014

0 Response to "Tari Pedang Mualang Tarian Dari Suku Dayak Kalimantan"

Post a Comment