Rumoh Aceh Rumah Tradisional Asal Daerah Aceh - Sumatera

Rumoh Aceh Rumah Tradisional Asal Daerah Aceh - Sumatera
Rumoh Aceh | photo : museum.acehprov.go.id
Penjelasan Rumoh Aceh adalah Rumah tradisonal yang berasal dari suku Aceh. Model rumah adat berbentuk rumah panggung dengan 3 bagian utama dan 1 bagian tambahan. Lantai bangunan tinggi sekitar 9 kaki atau  lebih dari permukaan tanah. Bersandar pada tiang-tiang penyangga dari kayu dengan ruang kolong di bawahnya.


Masyarakat Aceh tidak dikenal adanya istilah rumah adat seperti beberapa daerah lain yang ada di Indonesia. Fungsi masing-masing ruangan ini ditata agar sedapat mungkin menggambarkan fungsi pokok-pokok ruangan pada rumah tempat tinggal tradisional masyarakat Aceh.

Bagian dalam rumah Aceh terdiri dari tiga bagian utama dan satu bagian tambahan yaitu seuramoë keuë (serambi depan), seuramoë teungoh (serambi tengah) dan seuramoë likôt (serambi belakang). Sedangkan 1 bagian tambahannya yaitu rumoh dapu (rumah dapur).

Seramoe keue
Seramoe keue atau serambi depan merupakan bagian untuk ruang tamu yang terbentang sepanjang rumah. Ruangan ini dipakai menerima tamu, kegiatanke keagamaan dan juga sebagai tempat musyawarah keluarga.

Seuramoë teungoh
Bagian kedua dari Rumah Aceh adalah "rambat" atau Seuramoë teungoh (ruang tengah). Merupakan bagian ruang penghubung yang terdapat diantara dua kamar tidur. "Rambat" digunakan khusus untuk sesama penghuni rumah, untuk para sanak keluarga atau apabila orang lelaki, hanyalah untuk mereka yang telah akrab dengan seluruh keluarga secara terbatas. Ini disebabkan oleh karena ruang ini hanya dapat menuju ke serambi belakang (seuramoe likot), dimana para wanita tinggal dan melakukan kesibukan sehari-hari.

Seuramoe likot
Seuramoe likot atau serambi belakang dipakai sebagai ruang keluarga dan juga dipakai sebagai ruang dapur. Ruang dapur selalu ditempatkan pada bagian ujung Timur ruangan ini. Hal ini agar tidak mengganggu kegiatan ibadat shalat. Seuramoe likot merupakan tempat berkumpul anggota keluarga, mengasuh anak dan melakukan kegiatan hari-hari para wanita, seperti menjahit, menganyam tikar dan lain sebagainya.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Rumoh_Aceh diakses tanggal 26 september 2014

http://museum.acehprov.go.id/kategori/pameran/ruang-pamer-rumoh-atjeh/index.php diakses tanggal 26 september 2014

0 Response to "Rumoh Aceh Rumah Tradisional Asal Daerah Aceh - Sumatera"

Post a Comment