Tari Manasai Tarian Suku Dayak Kalimantan Tengah

Tari Manasai Tarian Suku Dayak Kalimantan Tengah
Pengertian Tari Manasai Tarian Suku Dayak Kalimantan Tengah. Manasai merupakan salah satu jenis tari pergaulan dan melambangkan kegembiraan. Tarian ini dilakukan oleh beberapa orang penari pria dan wanita. Para penari berdiri berselang-seling antara pria dan wanita dalam satu lingkaran.  Tari ini biasanya juga diadakan untuk menyambut tamu-tamu isitimewa atau biasa disebut juga dengan tarian selamat datang.

Gerak Tari

Dimulai dengan semua menghadap kedalam lingkaran, kemudian berputar ke arah kanan, sambil melakukan gerak maju bergerak berlawanan arah jarum jam. kemudian menghadap ke arah luar lingkaran, berputar lagi ke arah kiri sambil melakukan gerak maju. Begitu seterusnya sambil berputar terus berlawanan arah jarum jam dengan mengikuti irama lagu pergaulan yang berjudul sama, lagu manasai. Setiap gerakan kaki dalam tarian ini, mirip dengan gerakan dalam irama Cha-Cha.

Perlengkapan Tari

Perlengkapan tari manasai biasanya baju adat, bahalai (selendang), kain yang diikatkan mengelilingi kepala kemudian di sisipi Bulu Burung Tingang (Bulu Burung Engrang). Semua perlengkapan tersebut memiliki arti tersendiri bagi yang mengerti terutama para tetua adat.

Siapa saja dapat bergabung dalam lingkaran tarian ini dan tidak ada batasan usia. Bergabung kedalam lingkaran tari dapat dilakukan kapan saja, mengikuti irama lagu. Dengan bertambahnya peserta yang ikut bergabung, maka lingkaran tari pun akan semakin membesar. Dan semakin banyak peserta tari, irama musik pun bisa semakin dipercepat, dan suasana gembira serta meriah pun akan terbentuk dan tercipta.

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Manasai diakses tanggal 6 september 2014
http://talawang.blogspot.com/2009/02/tari-mansai-tarian-khas-kalimantan.html diakses tanggal 6 september 2014

0 Response to "Tari Manasai Tarian Suku Dayak Kalimantan Tengah"

Post a Comment