Alat Musik Tradisional Siter dan Celempung Asal Pulau Jawa

Alat Musik Tradisional Siter dan Celempung Asal Pulau Jawa
siter | photo : google

Penjelasan alat musik tradisional siter dan celempung asal pulau Jawa. Siter dan celempung merupakan sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Biasanya terdapat dalam gabungan alat music tradisional gamelan Jawa. Siter memiliki hubungan juga dengan kecapi di gamelan Sunda.

Asal kata "siter" berasal dari Bahasa Belanda yaitu "citer", yang juga berhubungan dengan Bahasa Inggris "zither". Sedangkan kata "Celempung" berkaitan dengan bentuk musikal Sunda celempungan.

Bagian-bagian Siter dan Celempung

Siter

Alat musik siter memiliki panjang kurang lebih 30 cm. Masing-masing memiliki 11 dan 13 pasang senar, direntang kedua sisinya di antara kotak resonator. Satu senar disetel dengan nada pelog dan senar lainnya dengan nada slendro. Pada saat akan dimainkan alat musik ini dimasukkan dalam sebuah kotak.




Celempung

Celempung panjangnya kira-kira 90 cm dan memiliki empat kaki, serta disetel satu oktaf di bawah siter. Siter dan celempung dimainkan sebagai salah satu dari alat musik yang dimainkan bersama (panerusan), sebagai instrumen yang memainkan cengkok (pola melodik berdasarkan balungan).

Baik siter maupun celempung dimainkan dengan kecepatan yang sama dengan gambang (temponya cepat).

Cara Memainkan

Cara memaikan alat musik siter yaitu : senar siter dimainkan dengan ibu jari, sedangkan jari lain digunakan untuk menahan getaran ketika senar lain dipetik, ini biasanya merupakan ciri khas instrumen gamelan. Jari kedua tangan digunakan untuk menahan, dengan jari tangan kanan berada di bawah senar sedangkan jari tangan kiri berada di atas senar.

Siter dan celempung dengan berbagai ukuran adalah instrumen khas Gamelan Siteran, meskipun juga dipakai dalam berbagai jenis gamelan lain.

Itulah penjelasan singkat mengenai alat musik tradisional siter dan celempung yang berasal dari pulau jawa.

Sumber referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Siter_dan_celempung diakses tanggal 10 november 2014

1 Response to "Alat Musik Tradisional Siter dan Celempung Asal Pulau Jawa"