Pengertian Alat Musik Tradisional Tifa Asal Maluku dan Papua

Pengertian Alat Musik Tradisional Tifa Asal Maluku dan Papua
tifa | photo : wikipedia
Penjelasan alat musik Tifa yang berasal dari Maluku dan Papua. Alat musik ini merupakan alat musik khas Indonesia bagian Timur dan dimainkan dengan cara di pukul. Bentuknya menyerupai kendang dan terbuat dari kayu yang di lubangi tengahnya.


Bahan

Terbuat dari sebatang kayu yang bagian dalamnya dikosongi sehingga membentuk lubang dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi. Penutup sisinya biasa digunakan kulit rusa yang telah dikeringkan untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah. Bentuknyapun biasanya dibuat dengan hiasan ukiran. Setiap suku di Maluku dan Papua memiliki tifa dengan ciri khas nya masing-masing.

Jenis

Beberapa macam jenis alat musik Tifa yaitu :
  1. Tifa Jekir
  2. Tifa Dasar
  3. Tifa Potong
  4. Tifa Jekir Potong
  5. Tifa Bas.


Fungsi

Alat musik ini biasanya digunakan untuk mengiringi tarian perang dan beberapa tarian daerah lainnya seperti tari Lenso dari Maluku yang diiringi juga dengan alat musik totobuang, tarian tradisional suku Asmat dan tari Gatsi.

Alat musik tifa dari Maluku memiliki nama lain, seperti tahito atau tihal yang digunakan di wilayah-wilayah Maluku Tengah. Sedangkan, di pulau Aru, tifa memiliki nama lain yaitu titir. Jenisnya ada yang berbentuk seperti drum dengan tongkat seperti yang digunakan di Masjid. Badan kerangkanya terbuat dari kayu dilapisi rotan sebagai pengikatnya dan bentuknya berbeda-beda berdasarkan daerah asalnya.

Tifa totobuang

tifa maluku
tifa maluku | photo : alatmusiktradisional
Tifa totobuang merupakan jenis musik asli yang sama sekali tidak dipengaruhi budaya luar. Musik ini merupakan musik khas warga yang tinggal di wilayah mayoritas Kristen. Dalam beberapa pertunjukan musik ini biasanya disandingkan dengan musik sawat, yang sebaliknya hanya dapat dimainkan oleh orang-orang yang tinggal di wilayah mayoritas Muslim.

Masing-masing alat musik dari Tifa totobuang memiliki fungsi yang berbeda-beda dan saling mendukung satu sama lain hingga melahirkan warna musik yang khas. Namun musik ini didominasi oleh alat musik tifa yang terdiri dari :

1. Tifa jekir
2. Tifa dasar
3. Tifa potong
4. Tifa jekir potong
5. Tifa bas

Selain itu ditambah juga dengan gong berukuran besar dan totobuang, yang merupakan serangkaian gong-gong kecil yang ditaruh pada sebuah meja, dengan beberapa lubang sebagai penyanggahnya.

Sumber referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Tifa diakses tanggal 16 november 2014

0 Response to "Pengertian Alat Musik Tradisional Tifa Asal Maluku dan Papua"

Post a Comment