Sentinel Suku Primitif Terasing, Ganas dan Kejam

Sentinel Suku Primitif Terasing dan Ganas
salah satu suku Sentinel yang sedang berusaha menyerang pendatang
(photo:Mirror / The AustralianSunetra Chakravartie) 
Sentinel Suku Terasing dan Ganas. Suku Sentinel mendiami kepulauan Andaman yang terleteak di antara Sumatera, India, Bangladesh dan Myanmar. Masyarakat Sentinel sangat terasing dan tidak ramah dengan pendatang. Suku ini dikabarkan telah mendiami pulau Andaman sekitar ribuan tahun lalu.

Suku ini masih sangat primitive karena tidak mengikuti perkembangan zaman dan tidak ramah terhadap pendatang. Dikabarkan mereka bahkan pernah membunuh dua pira yang sedang memancing di Pulau Sentinel Utara pada tahun 2006.

Di kepulauan Andaman terdapat 5 etnis, satu di antaranya adalah suku Sentinel yang masih jadi misteri karena terisolir dan menolak kedatangan orang asing ke pulau mereka. Menurut dokumen Arab dan Persia berabad lampau dikatakan bahwa pulau-pulau Andaman dihuni oleh suku-suku yang cukup ganas dan tidak ramah. Sehingga saat itu penjelajah India dan Eropa menjauhi pulau-pulau ini untuk menghindari keganasan suku Sentinel.

kepulauan andaman suku sentinel
kepulauan andaman
Marco Polo yang juga merupkan pelaut yang berkeliling mengatakan bahwa suku Sentinel merupakan Masarakat yang paling keras dan kejam yang tampaknya memakan semua orang yang mereka tangkap.

Ketika ada pendatang yang hendak mengunjungi pulau ini dengan menggunakan pesawat terbang atau helikopter. Mereka akan dilempari batu dan ditembakkan anak panah.

Negosiasi dan pendekatan untuk berdamai dengan suku Sentinel dilakukan pemerintah India sejak tahun 1967 dibawah naungan penelitian antropologi. Hal ini dilakukan agar suku Sentinel menghilangkan adat permusuhan mereka kepada orang luar. Namun semuanya percuma saja karena semua upaya ini disambut dengan hujan anak panah dan batu. Sehingga pemerintah India membuat suatu undang-undang yang akan menghukum siapapun yang berusaha mendekati suku Sentinel.

Sentinel Suku Primitif Terasing dan Ganas
Kapal nelayan yang direbut suku Sentinel (photo:telegraph 2006)
Sumber referensi:
http://internasional.metrotvnews.com/read/2015/04/23/390398/ngeri-suku-asli-di-pulau-ini-bunuh-semua-pendatang diakses tanggal 30 April 2015
http://www.apakabardunia.com/2014/03/sentinel-suku-terasing-nan-ganas-hingga.html diakses tanggal 30 April 2015

0 Response to "Sentinel Suku Primitif Terasing, Ganas dan Kejam"

Post a Comment