Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tari Nandak Ganjen Tarian Yang Berasal dari Daerah Betawi

Tari Nandak Ganjen Tarian Yang Berasal dari Daerah Betawi

Pengertian Tari Nandak Ganjen Tarian Yang Berasal dari Daerah Betawi, Jakarta
. Tari Nandak Ganjen merupakan sebuah tari kreasi baru yang menggunakan referensi khas budaya Betawi. Tarian ini diciptakan oleh Atin Kisam. Beliau adalah salah satu putra Bapak Kisam Jiun, pimpinan kelompok topeng Betawi Ratna Timur di Jakarta Timur (jaktim). Tarian ini dibawakan oleh remaja putrid Betawi yang sedang beranjak dewasa.

Tari Kreasi Nandak Ganjen Berasal dari Betawi


Tari ini adalah bentuk ungkapan sukacita dan kebebasan oleh kaum muda yang menggambarkan anak yang menginjak remaja, yang ceria, gembira, dan menuntut kebebasan. Arti dari kata Nandak Ganjen sendiri adalah Nandak dalam Bahasa Betawi berarti menari, sementara Ganjen berarti centil atau menggoda. Sehingga artinya adalah tarian yang centik atau menggoda.

Suku Betawi

Suku Betawi merupakan sebuah suku bangsa di Indonesia yang bertempat tinggal di Jabodetabek dan sekitarnya. Mereka adalah keturunan penduduk yang bermukim di Batavia (nama kolonial dari Jakarta) dari sejak abad ke-17.

Beberapa pihak berpendapat bahwa Suku Betawi berasal dari hasil perkawinan antar etnis dan bangsa pada masa lalu. Karena secara biologis, mereka yang mengaku sebagai orang Betawi adalah keturunan kaum berdarah campuran aneka suku dan bangsa yang didatangkan oleh Belanda ke Batavia.

Suku Betawi sebenarnya merupakan pendatang baru di Jakarta. Secara Ras/DNA atau genetika (gen), kelompok etnis ini lahir dari perpaduan etnis asli dengan berbagai kelompok etnis lain yang sudah lebih dulu dan lama hidup di Jakarta, seperti: Sunda, Melayu, Makassar, Jawa, Bugis, Tionghoa, Arab, Belanda, Portugis, Bali, & Ambon.

Sedangkan secara kesukuan seperti kebudayaan, adat-istiadat, kuliner, kebiasaan masyarakat, tradisi, arsitektur bangunan, motif pakaian tradisional, seni musik, dan kesenian-kesenian lainnya, suku Betawi terpengaruh kuat dari kebudayaan Suku Melayu & Tionghoa. Bahkan menurut para pakar, hampir setengah dari kebudayaan Betawi ialah kebudayaan Tionghoa dengan setengahnya kebudayaan Melayu. Hal ini bisa kita lihat dari beberapa adat, tradisi, kebiasaan, kesenian serta kebudayaan Betawi sangat bercorak Melayu & Islam. Sisanya, kebudayaan Betawi terpengaruh dari beberapa suku lain seperti: Sunda, Arab, Portugis, Jawa, Belanda, dan Bali.

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Nandak_Ganjen
http://www.jakarta.go.id/web/encyclopedia/detail/1964/Nandak-Ganjen-Tari
https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Betawi

Post a Comment for "Tari Nandak Ganjen Tarian Yang Berasal dari Daerah Betawi"