Tari Balean Dadas Tarian Daerah Suku Dayak Kalimantan Tengah

tari balean dadas tarian daerah suku dayak kalimantan
Pengertian Tari Balean Dadas Tarian Daerah Suku Dayak Kalimantan Tengah. Dalam masyarakat tradisional banyak cara yang dilakukan untuk memperoleh kebahagiaan, kesehatan, dan kekayaan melalui tradisi-tradisi kebudayaan yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Salah satu cara yang dilakukan oleh masyarakat Dayak Kalimantan Tengah dalam mengupayakan keberkahan kepada Tuhan, salah satunya adalah memohon kesembuhan kepada Tuhan dengan cara melakukan tarian Balean Dadas.

Tarian Balean Dadas adalah tarian kebudayaan masyarakat Kalimantan Tengah untuk meminta kesembuhan kepada tuhan bagi masyarakat yang sakit. Para penari Balean Dadas dengan memakai pakaian adat dayak yang khas penuh warna seperti hitam, putih, merah, hijau, dan kuning melakukan tarian Balean Dadas untuk memohon kesembuhan kepada Ranying Hatala langit (Tuhan) bagi mereka yang sakit. Selain itu, biasanya seorang dukun perempuan atau Balean Dadas ikut dalam tarian ini.

Tarian ini sebenarnya merupakan tarian pelengkap dimana dalam ritual penyembuhan, namun kini seiring dilestarikan budaya Indonesia, makin banyak anak muda mempelajari tarian ini untuk mempertahankan eksistensi kebudayaan.



Kostum penari berbalut kain lima warna ciri khas dayak; hitam, putih, merah, kuning, hijau. Tidak ketinggalan beberapa aksesoris seperti gelang, kaling taring, janur dan perlengkapan lainnya balanai, lilin dan damar memberikan kesan bahwa mereka tak hanya menghibur penontoh namun membuat pertunjukan sedikit bernuansa mistis.

Gelang dadas merupakan tarian pedalaman suku Dayak guna memohon kesembuhan bagi mereka yang sakit kepada Ranying Hatala Langit (Tuhan). Biasanya juga ikut seorang balean dadas atau dukun perempuan. Jika balean bawo berarti dukunnya laki-laki.

Di zaman yang modern saat ini, tarian Balean Dadas lebih banyak dilakukan pada saat acara-acara penyambutan atau peresmian. Akan tetapi kegiatan tarian Balean Dadas ini masih dilakukan oleh suku Dayak pedalaman.

Sumber referensi :
http://kebudayaanindonesia.net/id/culture/881/tarian-balean-dadas
http://lensakalimantan.wordpress.com/2012/04/10/balean-dadas/

0 Response to "Tari Balean Dadas Tarian Daerah Suku Dayak Kalimantan Tengah"

Post a Comment