Fungsi dan Makna Arsitek Rumah Kajang Lako Suku Batin Jambi

Fungsi dan Makna Rumah Kajang Lako Suku Batin Jambi
Rumah Kajang Lako (photo:djangki.wordpress.com)
Fungsi dan Arti Rumah Adat Suku Batin. Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang sejarah dan kebudayaan suku Batin yang berasal dari jambi. Nah kali ini kita akan membahas tentang makna dan fungsi rumah adat suku Batin. Suku Batin sampai saat ini masih mempertahankan adat istiadat terutama peninggalan-peninggalan adat berupa bangunan-bangunan tua. Banyak rumah-rumah tradisional Suku Batin yang telah berusia sekitar 300 tahun, antara lain rumah di Marga Batin V Tabir, di daerah Rantaupanjang dan di kampung Baruh, Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin.


Arsitek Rumah Kajang Lako

Kajang Lako merupakan nama dari bangunan tempat tinggal suku Batin. Bentuknya bubungan rumah tersebut mirip dengan perahu, di mana kedua ujung bubungan bagian atas dilengkungkan ke atas, dan ke bawah berlipat dua sehingga membentuk segi tiga. Rumah adat Batin bertipologi rumah panggung dengan bentuk empat persegi panjang. Rumah yang berukuran 9 meter x 12 meter ini, bangunannya terbuat dari kayu ulim. Teknik penyambungan pada bagian-bagian rumah tersebut tidak menggunakan engsel besi, melainkan memakai teknik tumpu dan teknik sambung kait atau pasak.

Makna Arsitek Ruma Kajang Lako

Terdapat beberapa seni ukir yang menghiasi rumah tempat tinggal suku Batin ini. Dan seni tersebut memiliki makna tersendiri. Dalam seni ukir tersebut banyak memiliki motif-motif seperti motif alam flora, fauna maupun alam semesta.

Motif tersebut bermaksud untuk memperindah bangunan juga menggambarkan alam lingkungan daerahnya yang banyak terdapat tumbuh-tumbuhan. Dari keterangan tokoh masyarakat Batin di marga Batin V Tabir hanya satu motif fauna yang dipakai di bangunan rumah maupun pada benda-benda kerajinan lainnya, yaitu motif ikan. Motif ikan menggambarkan bahwa kehidupan masyarakat juga bersumber dari sungai dengan jalan mencari ikan.

Itulah penjelasan singkat mengenai Fungsi dan arti dari rumah adat Suku Batin. Semoga bermanfaat.

Sumber referensi:

http://arkeologi.palembang.go.id/?nmodul=halaman&kat&judul=arsitektur-rumah-tradisional-suku-batin-arti-dan-fungsinya diakses tanggal 27 maret 2015

0 Response to "Fungsi dan Makna Arsitek Rumah Kajang Lako Suku Batin Jambi"

Post a Comment